Baru saja membeli ZenFone 3 (ZE552KL)? Ya, ini adalah pilihan smartphone yang tepat buat kamu! Sebelum menggunakannya, pastikan kamu melakukan beberapa hal simple ini supaya smartphone-mu bisa berfungsi dengan maksimal. Yuk, cek di bawah ini!

Masukkan SIM dan SD Memory Card

Kamu perlu memasukkan SIM card dari operator seluler, agar smartphone-mu bisa berfungsi. Caranya mudah. Gunakan alat (pin) yang ada di dalam kotak kemasan untuk membuka tray (tempat SIM card) yang ada di sisi kiri smartphone. Cari lubang kecil di sisi tersebut, lalu masukkan pin ke dalam lubang untuk mengeluarkan tray. Kalau belum menemukan alatnya, kamu bisa juga menggunakan paper clip untuk membuka tray. Letakkkan SIM card dengan posisi yang sesuai dengan tray, lalu masukkan kembali ke dalam smartphone. Sekarang, ZenFone 3 kamu siap menerima sinyal dari jaringan seluler!

Tray pada ZenFone 3 memiliki dua slot untuk ukuran SIM card yang berbeda, micro dan nano. Namun, slot untuk nano SIM card menggunakan tempat yang sama dengan microSD memory card. Jadi, jika kamu tetap ingin menggunakan microSD memory card untuk menyimpan foto dan musik, kamu butuh bantuan SIM adapter supaya nano SIM card dari operator seluler bisa masuk di slot micro.

Tapi buat kamu yang ingin menggunakan dua SIM card sekaligus di dalam tray untuk memudahkanmu berkomunikasi, berarti kamu harus menggunakan ZenFone 3 tanpa memory card. Perlu dicatat bahwa, kedua tray di smartphone ini mampu mendukung jaringan 4G LTE, tapi hanya satu SIM card yang bisa aktif dalam satu waktu.

Perbarui Software

Sejak dimasukkan ke dalam kotak kemasan, ada kemungkinan ZenFone 3 kamu sudah memiliki software  Andorid dengan versi terbaru, mulai dari perbaikan soal keamanan, hingga tambahan fitur-fitur baru. Apa pun itu, pastikan software kamu selalu up to date, ya. Jika kamu tidak mendapatkan notifikasi untuk memperbarui software, coba ikuti langkah berikut:

  1. Swipe ke bawah dari bagian atas layar untuk membuka halaman notifikasi. Jika tidak ada notifikasi untuk memperbarui software, tap ikon gear di bagian kanan atas untuk membuka halaman Settings.
  2. Scroll hingga ke bagian paling bawah dan tap System Updates.
  3. Tap Check Update di bagian bawah layar. Jika ada update, akan muncul perintah untuk mengunduh dan memasang.

Pembaruan software Android ini bisa diatur menjadi otomatis mengunduh saat terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Jadi, ZenFone 3 kamu siap melakukan pembaruan di pagi hari saat tersambung dengan jaringan Wi-Fi. 

Selain update software Android, kamu juga perlu update berbagai aplikasi yang ada di smartphone melalui Google Play Store untuk mendapatkan fitur-fitur terbarunya.

  1. Tap ikon Play Store di home screen.
  2. Tap lambang tiga garis di pojok kiri atas untuk membuka menu navigasi.
  3. Tap My apps & games. Jangan lupa untuk log in ke Google account kamu untuk bisa mengakses bagian ini.
  4. Ketuk Update All di bagian kanan atas.

Bisa jadi butuh waktu beberapa saat untuk memperbarui seluruh aplikasi di smartphone-mu. Tapi dengan cara ini, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dalam versi terbaiknya.

Lindungi dengan Case

Sebelum beraktivitas penuh semangat di luar rumah dengan ZenFone 3 barumu, sebaiknya kamu terlebih dahulu memasang case untuk ponsel barumu. Kamu pasti tidak mau smartphone barumu tergores, kan? Untungnya, saat ini ada banyak case dengan pilihan warna yang keren. Salah satunya, Flip Cover, case yang bisa memperlihatkan notifikasi dengan cepat tanpa harus membuka layar. Ada juga Aura Cover, yang bisa membuat sisi samping ZenFone 3 kamu berkedip saat ada notifikasi masuk.

Sesuaikan dengan Gayamu!

Kamu bebas mengeksplorasi ZenFone 3 sesuka hati. Tekan home screen beberapa saat dan tap ZenUI Themes. Di sini kamu bisa mengubah tema dan seluruh tampilan layar smartphone kamu. Ada juga pilihan untuk mengubah aplikasi apa saja yang muncul di lock screen (tampilan layar saat smartphone terkunci) untuk memudahkanmu membuka aplikasi tersebut kapan pun dibutuhkan, mengubah animasi transisi di home screen, memilih widget yang ingin ditampilkan di home screen, atau menggunakan berbagai aplikasi launcher (aplikasi untuk menyetel tampilan home screen) yang bisa diunduh di Google Play Store. Tampilan home screen ZenFone 3 begitu personal, bisa disesuaikan dengan keseharian kamu.

Nah, inilah lima hal pertama yang harus dilakukan pada ZenFone 3 barumu! Kalau masih belum tertarik untuk membeli ponsel ini, coba cari tahu lebih banyak keunggulan dan spesifikasinya di sini!