Mengambil foto dengan kondisi minim cahaya bisa menjadi tantangan tersendiri, tapi hal ini tidak akan menjadi masalah jika kamu memiliki ASUS ZenFone 3 Max (ZC553KL). Dengan menggunakan fitur kamera yang tepat dan banyak latihan, kamu tetap bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi!

Dibantu dengan fitur LED flash, aperture f/2.0 yang besar, dan laser autofocus generasi kedua, ZenFone 3 Max sangat cocok untuk mengambil foto dalam kondisi low-light (minim cahaya). Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Kapan Harus Menggunakan Flash

Cara paling mudah memotret dalam kondisi minim cahaya adalah dengan menggunakan LED flash dual-tone yang ada di smartphone-mu. Meski efektif memberikan penerangan tambahan pada subjek foto, cahaya flash terkadang menghasilkan gambar kurang natural. Jadi, sebaiknya gunakan flash hanya saat kamu benar-benar membutuhkannya untuk menghasilkan foto terbaik.

Pastikan ikon kilat terlihat di aplikasi kamera untuk mengaktifkan flash. Jika di samping ikon tersebut ada lambang “A”, artinya ZenFone 3 Max secara otomatis akan menentukan kapan penggunaan flash diperlukan. Tapi bila kamu ingin memotret dalam kondisi minim cahaya, lebih baik mode ini tidak diaktifkan.

Jika kamu memilih untuk tidak menggunakan flash, atau sedang dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk menggunakannya, masih banyak cara lain yang bisa kamu coba.

Kenali Mode Kamera Pilihanmu

Kunci mengambil foto terbaik di situasi minim cahaya adalah mengenali mode yang ada di smartphone-mu. Nah, Aplikasi Kamera ASUS memiliki banyak pilihan mode untuk mengambil foto.

Mode Manual menyediakan pengaturan kamera yang kamu butuhkan untuk menangkap momen yang diinginkan. Agar foto terlihat alami, kamu dapat menyetel shutter speed yang tinggi agar cahaya bisa masuk sebanyak mungkin. Namun, pengaturan ini hanya cocok untuk subjek foto yang diam. Pada kondisi normal, kamu lebih baik menyetel ISO tinggi (yang memungkinkan pengaturan sensitivitas cahaya, namun bisa menimbulkan lebih banyak bintik kecil pada foto), dan mengatur shutter speed lebih cepat untuk menghindari gambar blur akibat subjek foto yang bergerak.

Ketika kamera ZenFone 3 Max mendeteksi situasi minim cahaya, sebuah ikon akan muncul dan menyarankan untuk mengaktifkan mode low-light. Mode ini meningkatkan brightness hingga 400% untuk memastikan semua detail foto tertangkap kamera. Ini adalah cara paling cepat untuk mengambil foto low-light, sehingga kamu tidak perlu repot mengutak-atik menu mode kamera. Ini sama mudahnya seperti saat kamu mengambil foto menggunakan mode auto.

Hampir sama dengan mode low-light, mode Night juga bisa digunakan untuk memotret dengan kondisi yang minim cahaya. Namun mode ini lebih cocok dipakai saat memotret subjek foto yang diam, karena dapat memperlambat shutter speed untuk menangkap lebih banyak cahaya agar hasil foto lebih fokus. Seperti disebutkan sebelumnya, gerakan shutter speed yang lambat membuat subjek foto bergerak jadi blur. Jadi, sebaiknya gunakan mode ini untuk mengambil foto keren jembatan di malam hari, atau foto pemandangan di area perkemahan.

Gambar  blur yang dihasilkan karena subjek foto bergerak bisa menjadi salah satu cara kreatif dan menyenangkan dalam memotret! Misalnya, jalanan yang sibuk di malam hari, acara karnaval, atau di mana pun yang memiliki cahaya bergerak. Long exposure mode sangat cocok untuk mengambil foto-foto seperti ini. Dengan menggunakan mode ini kamu bisa menghasilkan foto dengan jejak cahaya yang memukau. Kamera ZenFone 3  Max bisa menangkap gambar hingga 32 detik, waktu yang cukup lama untuk bisa menghasilkan foto yang luar biasa.

Jaga Kestabilan Smartphone

Untuk pengambilan gambar dengan exposure yang lebih lama, penting untuk menjaga ZenFone 3 Max-mu tetap stabil. Meski kamu sudah berusaha memegang smartphone dengan tenang, tetap ada kemungkinan kamu menggoyangkan smartphone dan menghasilkan foto yang kurang fokus. Cara terbaik mengatasi ini tentu adalah dengan menyediakan tripod atau phone mount, tapi terkadang hal ini kurang praktis. Nah, kamu  bisa coba menyandarkan smartphone pada benda terdekat, lalu mengaktifkan timer sehingga tidak perlu menyentuh layar dan membuat kamera berguncang. Guncangan kecil bisa diminimalkan dengan menggunakan ZenFone 3 Max yang memiliki fitur 3-axis electronic image stabilization.

Edit Hasil Fotomu

Kamu pastinya ingin mendapatkan hasil foto persis seperti yang diinginkan, tapi pada kenyataannya, masih ada sedikit hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan foto berkualitas. Buka hasil foto kamu dari aplikasi Gallery, lalu tap ikon wand di bagian kanan-bawah layar. Image editor ZenFone 3 Max akan terbuka. Ada banyak fitur editing yang bisa digunakan di sini, tapi solusi untuk menghasilkan foto minim cahaya yang bagus bisa kamu temukan di ikon +/- di bagian kanan-bawah.

Di sini kamu juga bisa mengatur exposure, bayangan, cahaya, dan kurva. Beragam fitur ini membantumu menyesuaikan brightness pada foto dengan berbagai macam cara. Utak-atik saja sampai kamu puas dengan hasilnya. Jika masih belum puas, ada banyak aplikasi photo editing Android yang bisa digunakan, termasuk versi terbaru Photoshop dan Snapseed yang mudah untuk digunakan.

Ikuti tips ini agar kamu juga bisa mengambil foto dalam ruangan yang berkualias menggunakan ZenFone 3 Max. Mau tahu lebih banyak tentang keunggulan smartphone ini? Klik halaman produk ZenFone 3 Max!